Resep Somay Bandung

Resep Somay Bandung
Kalau mau pake resep mereka masing2 juga boleh ( wong udah ahlinya deh)  biasa… klu aku seneng berimprovisasi …kadang2 sesuai bahan yang ada .. heheheh….

Bahan 1 :

  • 200 gr ayam cincang ( aku pake ayam fillet, cincang sendiri)
  • 100 gr udang di cincang
  • 200 gr ikan tenggiri dihaluskan ( aku pake spanish mackerel )
  • 2 sdm ebi digoreng dan diulek lemes ( kemarin aku gak pake, ternyata persediaan habis euy…tapi kayaknya klu pake lebih mantaf deh….)
  • 2 batang daun bawang iris halus

Bahan 2 :

  • 150 gr tepung tapioka
  • Tepung terigu secukupnya ( kayaknya aku cuma pake sesendok makan deh..)
  • 150 gr labu sian /bengkoang serut halus
  • 150 ml air

Bumbu diuleg :

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • Kecap ikan secukupnya ( diresep 5 sdm, tapi fish sauce di Thai asin banget, jadi aku kurangin)

Cara membuat :

  1. Campur bahan 1 dan 2 juga bumbu diuleg serta kecap asin, lalu diulet pake tangan, aduk rata.
  2. Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
  3. Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk, aku pake kulit pangsit di isi bahan adonan ini….
  4. Juga isi temen2nya siomay seperti tahu, kol rebus, kentang, paria, telor ( aku kok yah permalesan .. yang di isi adonan ikan cuma tahu heheheh…)
  5. Kukus sampai matang.

Saus Kacang :

  • 200 gr kacang tanah goreng
  • Gula merah
  • 1sdt garam
  • Kecap sedikit
  • 3 siung bawang putih
  • 50 gr kentang rebus, haluskan
  • santan encer

Haluskan semua, masak di api kecil sampe mengental dan berminyak

Sumber:  dari berbagai sumber di internet

10 Comments

  1. Kmrn sy coba bikin, tapi ayamnya 270gr, udang sekitar 120gr, tenggiri sekitar 200gr. Nah tapiokanya 100gr, tapi hasilnya kurang kenyal. Saya juga ga pake ebi dan royco (di resep katanya pake royco). Biar lebih kenyal dan rasa lebih “ikan” caranya gimana sih mbak??

  2. mbak kl bkn somay…tanpa labu,n terigu…kr2 bs enak ngak mbak ? sb mau bkn buat anak,mau somay…tp bhn krg lengkap…krn kt diluar,jd ssh nyr bhn…gimn mbak…?

  3. saji.. nanya dong.. saya jua; siomay.. tp kendalanya pas dibawa ider pake gerobag bentuknya menyusut dan warnanya mudah sekali berubah kecoklatan,spt gosong… siomaynya slma muter pake panci sarangan.. kenapa ya?? ada solusi ga???
    thanks sebelumnya ya.. saji indonesia always the best deh..

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makanplus: Siomay Bandung Yang Istimewa Deal | Diskon | Makan | Makanan | Makan Makan | Resto | Restoran | Kuliner | Wisata Kuliner | Diskon Makan | Resep makanan | Bisnis Makanan
  2. resep membuat Siomay Bandung « Ami Kier
  3. Lowongan Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*