Tips Membuat Punch

tips membuat punchTak semua anak gemar makan buah. Sebagian memerlukan senjata rayuan khusus. Ada lagi jalan keluar lain yang juga cukup jitu. Meramu buah jadi minuman lezat.

Nah, agar si kecil tergoda meminum ramuan Anda tentu diperlukan sejumlah trik khusus, antara lain:

  1. Pilih buah yang benar-benar segar. Buah yang agak layu biasanya menimbulkan aroma kurang enak jika dibuat jus atau punch.
  2. Pilih buah yang tak berubah warna setelah berkontaminasi dengan udara. Terutama bila tak akan diminum segera. Apel dan pisang termasuk buah yang mudah berubah warna. Bila si kecil memang gemar apel, usahakan menyajikannya dengan segera sebelum warnanya menjadi kecokelatan.
  3. Si kecil amat pandai membaca “tipuan”. Jadi, mungkin saja ia mengenali pepaya, meski sudah diblender. Karena itu gunakan buah lain, sirop, atau pengharum lainnya untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan dari buah asli. Misalnya, bila ingin membuat jus atau punch dari pepaya, Anda bisa menggunakan air jeruk lemon atau sirop dengan rasa atau aroma kesukaannya.
  4. Pilih buah dengan warna-warna menarik. Tapi sedapat mungkin hilangkan warna buah aslinya agar si kecil “tertipu”. Bila ia tak ingin minum pepaya, misalnya, campur pepaya dengan air jeruk atau tomat hingga warnanya lebih pucat atau malah lebih merah.
  5. Anda tentu saja bisa bereksperimen dalam meramu aneka buah hingga menjadi jus atau punch yang lezat. Dan usahakan menyajikannya secara variatif agar si kecil tak lekas bosan. Buah utamanya tentu bisa sama, tapi campurannya usahakan bervariasi. Misal, bila hari tertentu Anda sudah mencampurnya dengan air jeruk, esoknya bisa mengganti dengan air wortel, sari apel, atau belimbing.
  6. Sesekali Anda bisa menambahkan soft drink ke dalam minuman. Tentu bila si Kecil sudah terbiasa menyantap minuman bersoda. Selain Sprite, Fanta jeruk atau merah, bisa jadi pilihan tepat untuk membuat punch.
  7. Agar terasa segar, sajikan jus atau punch dalam keadaan dingin. Biasanya anak-anak menyukai minuman dingin.
  8. Agar menarik sajikan jus atau punch dalam gelas menarik. Sertakan pula hiasan dari potongan buah. Hati-hati dalam memilih buah untuk hiasan. Pilih buah yang disukainya. Sekarang banyak buah-buah kecil yang bentuk dan warnanya menarik. Stroberi, misalnya.
  9. Jika dengan berbagai taktik, si kecil tetap tak suka jus atau punch yang Anda ramu, cobalah menaruh jus atau punch ramuan Anda di freezer. Tempatkan sari buah dalam kantung plastik es mambo atau cetakan-cetakan khusus hingga di mata si kecil bagaikan es krim. Baik juga bila Anda tak membuang kemasan es krim yang biasa dimakan anak hingga bisa menggunakannya untuk menyajikan minuman “tipuan” ini.

Sumber : Tabloid-nakita.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*